Sayur Sop Ayam

Mixed Vegetable Clear Soup

Mixed Vegetable Clear Soup

Sering banget kita disuguhi makanan ini dikala kecil. “Dek.. makan dulu ya .. sama sayur sop..” :P Sampai sekarang saya juga sering menyuguhkan anakku dengan sayur ini, kalau sekarang heheh agak maksa sih .. soalnya anakku susah banget makan sayur.. tergantung mood.

Kandungan sayur didalamnya cukup lengkap, ada kentang, wortel, kol buncis. Warnanya yang menarik ada merah, kuning, hijau, dan terlebih lagi dapat divariasikan dengan sosis, daging ayam, maupun

daging sapi, atau bakso sapi. Simak resep yang sederhana ini, jika sudah mahir bisa divariasikan dengan bahan lain.

Sayur Sop Ayam/Clear Chicken Soup

Bahan :

  • 2 buah ceker
  • 1 buah dada ayam
  • 1 buah wortel, bersihkan, iris tipis bulat
  • 1 buah kentang yang cukup besar, iris membentuk kubus 2×2 cm
  • 5 batang buncis, siangi dan bersihkan potong +/- 3 cm
  • 1 batang daun bawang, potong 3 cm serrong
  • 1 batang seledri, bersihkan, buat simpul
  • 1 sdm bawang goreng
  • Air 1/2 panci ukuran 20 cm
  • 3/4 – 1 sdm garam, kaldu bubuk dan gula secukupnya

Bumbu Halus :

  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdt lada bulat
  • 1/2 biji pala

Cara Membuat :

  1. Rebus air dalam api sedang hingga mulai mendidih, masukan ceker dan dada ayam. Angkat dada ayam jika sudah matang, tiriskan, suwir-suwir dan sisihkan.
  2. Masukkan bumbu halus, aduk rata
  3. Masukan wortel, tunggu hingga wortel setengah matang, baru kemudian masukkan kentang.
  4. Setetah kentang agak matang, masukkan buncis, rebus sebentar, masukkan ayam suwir, daun bawang dan seledri. Masukkan garam, kaldu bubuk dan gula. Cicipi dan tambahkan jika kurang hingga rasa sesuai selera.
  5. Matikan api, tutup panci kurang lebih 2-3 menit, setelah itu buka tutup panci. Masukkan bawang goreng.
  6. Hidangkan selagi hangat

Menu penyerta :

Nasi Putih Hangat, Perkedel tahu, Ayam Goreng Saus Mentega

About these ads

15 comments on “Sayur Sop Ayam

  1. Nasi goreng ikan asin…nyem5X…(udah nyobain)
    Ayam cah jamur ala chinese food…(hmmm,emang pandannya memberi rasa yang ‘beda’…(udah nyobain jg…)…
    Cocok ama selera lidahku n anak2 kost an ku…

    Makasi, kamsia, maturnuwun tengkiu…semoga amal dan ilmunya, dibalas Tuhan dengan kesehatan, kesejahteraan n kebahagiaan…

    Ku jomblowan jogja, udah dpt ilmu baru dalam memasak…
    Have a nice Day!

    • Hi jomblowan jogja.. salam kenal.. Maaf namanya tidak tertulis jadi saya tdk tau harus memanggil apa ..
      thx atas doa dan waktunya untuk menulis testi dan mencoba resep2nya.. mudah2an berkenan…
      Ya ide saya menulis resep ini .. agar org yang mencoba tidak kesulitan .. memasak itu mudah… and fun …
      Maklum .. kalau dulu .. saya bisa lari tunggang langgang .. menjauhi dapur.. :D karena menganggap memasak itu susah dan no fun ..

      Mudah2an hasil masakan mas, bisa membuat orang lain ikut heppi juga .. ikut icip icip…

      Cheers
      Hedi

  2. ma kasih, urut2annya detil, biasanya sih main cemplung-cemplung aja. Dapet ilmu neh, semoga amal kebaikannya diberi berlipat oleh Yang Maha Pemurah.

    • Salam kenal mbak Laras, Thanks atas doa’nya dan menyempatkan waktu untuk menulis testimoni…. mudah2an ilmu yg sederhana ini dapat membawa manfaat… :)
      Langkah kecil yang dijalankan akan mencapai tujuannya .. :)

      Cheers,
      Hedi

  3. thx mba buat resepnya ….. langsung d coba …. mudah2an amal kebaikannya dibalas oleh YANG MAHA KUASA … :D

  4. Aku seneng bgt ama resepnya.mudah bgt untuk pemula.cuma aku mau saran,gmn klo dibumbu ga usah ditambahin penyedap rasa seperti royco krn mengandung msg.

    • kaldu ayam instant.. seperti royco dan sejenisnya.. optional.. bisa di ganti dengan sejumput gula untuk menambahkan rasa gurih pada masakan..:)

  5. lam kenal ya… moga2 anak ku FIKI mau makan.. soalnya akhir2 ini fiki males makan.. kalo di ajak makan, jawabnya “nanoo” sambil geleng kepala truss ngacir dech… kesel bener..

  6. lam kenal ya… moga2 anak ku FIKI mau makan.. soalnya akhir2 ini fiki males makan.. kalo di ajak makan, jawabnya “nanoo” sambil geleng kepala truss ngacir dech… kesel bener.. yaa..mudah2an menunya cocok ama lidahnya FIKI UNYEL2.. thanks ya jenggggggggggggggggg…

    • Bawang bombay terasa lebih manis dan memiliki aroma yang tidak sekuat bawang merah. Keduanya dapat digunakan sesuai selera yang membuatnya. Untuk Sup untuk mendapatkan aroma yang lebih harum, bisa dengan menumisnya terlebih dahulu baru dimasukkan ke dalam supnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s